Bagaimana inovasi di era digital telah mengubah sektor bisnis makanan dan minuman

Bagaimana inovasi di era digital telah mengubah sektor bisnis makanan dan minuman

Inovasi adalah suatu pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia. Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Konsep inovasi bukanlah menjadi hal yang benar-benar baru bagi sektor makanan dan minuman, dari tahun-ketahun sektor ini akan selalu mencoba inovasi baru untuk mendorong atau meningkatkan kualitas produknya. Berkembang pesatnya teknologi saat ini, sektor ini harus bisa memanfaatkan potensi dari sebuah inovasi terbaru pada sektor makanan dan minuman, hal ini  menjadi penting tujuannya tidak lain ialah untuk mempertahankan eksistensi mereka dalam sektor ini.

Menghadapi tren dan inovasi yang berkembang, para pelaku bisnis dalam sektor ini akan menghadapi Karateristik Konsumen Modern. Tantangan terbesar yang dihadapin oleh para pelaku bisnis adalah berbedanya tingkat kebutuhan konsumen seiring berkembangnya teknologi yang telah mengubah karateristik konsumen. Era digital telah membawa konsumen menjadi lebih flesksibel, mengubah saluran penjualan, konsumen tidak mengenal batasan waktu dan semakin pintarnya konsumen dalam memilih dan memutuskan apa yang menjadi kebutuhannya.


Teknologi digital menjadi pendorong utama perubahan pada bisnis restoran dan manufaktur makanan, para pelaku bisnis harus benar-benar memanfaatkan teknologi dan mempersiapakan peralatan untuk mendukung kinerja mereka. Menciptakan inovasi atau memanfaatkan inovasi terbaru adalah kunci utama dalam menghadapi karateristik konsumen modern, seperti halnya menciptakan sistem penjualan online, membuat sebuah aplikasi produk, atau memperkenalakan citarasa baru misalnya. Pelaku bisnis dalam hal sektor bisnis makanan dan minuman dituntut untuk  selalu pro-aktif dalam menghadapi perubahan sifat konsumen seperti ini.

Inovasi memang sebagai suatu topik yang sangat luas di era digital ini, langkah awal yang perlu dilakukan pelaku bisnis sektor ini ialah sektor ini harus memiliki sebuah sistem yang dapat melakukan pemetaan data dan membuat keputusan berdasarkan informasi tentang lini produk baru dan selera konsumen selama jumlah waktu tertentu. Revolusi digital telah mempengaruhi setiap industri, dan sektor pangan hanyalah salah satu sektor yang berlomba untuk mengikutinya. Hal Ini  terkadang memang menjadi sebuah masalah bagi para pelaku bisnis yang belum benar-benar siap dalam meghadapi inovasi. Terlepas dari hal tersebut perlu diketahui bahwa konsumen semakin terbiasa dengan kebutuhan mereka terpenuhi dengan cara yang lebih personal dan fleksibel, oleh karena itu sektor ini mau tidak mau harus mengadopsi inovasi baru dan melihat bagaimana inovasi dapat meningkatkan keuntungan serta menghadirkan peluang yang menarik bagi mereka.  (df)

Sumber: berbagai sumber
Sumber Gambar : Pexels.com