Dinamika Industri Melewati Satu Tahun Dampak Pandemi Covid 19

Dinamika Industri Melewati Satu Tahun Dampak Pandemi Covid 19

Disadari atau tidak disadari, pandemi covid 19 membawa pengaruh signifikan dalam perkembangan industri global dan manca negara. Dilansir dari portal media indonesia “industri wisata Meeting Incentive Conference Exhibition (MICE) diperkirakan merugi hingga Rp 44,3 triliun selama 2020” kerugian ini diakibatkan dampak dari covid 19 yang mewajibkan melakukan pembatasan pertemuan dan kegiatan dalam berbagai sektor. Bukan hanya industri pariwisata yang terkena dampak covid 19 banyak industri lain yang terkena dampak seperti industri pada industri manufaktur, industri kesenian dan hiburan.

Salah satunya kawasan Industri yang terkena dampak adalah kawasan Industri Cikarang yang merupakan salah satu kawasan terbesar di Asia Tenggara. Dengan tingginya peningkatan pertumbuhan  kasus covid 19 maka setiap industri perlu bertahan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengambil langkah konsisten dalam menjaga kesehatan karyawan, membuka peluang melalui dunia digital dan memperhatikan kualitas dan keamanan produk yang di produksi.

Dikutip dari portal media indonesia tentang industri berkelanjutan “Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan : pemulihan ekonomi terus beranjak ke arah yang makin baik. Hal tersebut terlihat dari berbagai indikator, seperti PMI Manufaktur, penjualan ritel, dan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) yang mulai pulih”. Dinamikan industri dalam melewati satu tahun dampak pandemi Covid 19 menjadi perhatian publik, karena mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara global. 

Pertumbuhan ekonomi dalam organisasi juga berdampak pada peluang kerja yang dihadirkan, sehingga pemerintah mendukung pemulihan ekonomi secara bertahap dalam berbagai sektor industri. Perusahaan juga dituntun untuk tetep dapat menjalankan roda organisasi dengan memilih berbagaimacam strategi yang jitu dalam pengembangan kualitas dan kelancaran distribusi hingga pada aspek peningkatan penjualan. Walk slowly in certainty and strive together in achieving goals (Lamria Tbn, 2021)

sumber : www.mediaindonesia.com
sumber gambar: www.pexels.com