Strategi Penulisan Berita Tentang Perusahaan

Strategi Penulisan Berita Tentang Perusahaan

Public Relations (PR) memiliki peran dalam menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two way communications) antara perusahaan dengan publik atau khalayak. Sebagai bagian yang memiliki peran dalam pembentukan opini publik, Public Relations harus mampu menulis berita yang baik, terbaru, menarik, bernilai serta aktual tentang perusahaan untuk disampaikan ke publik. Oleh karena itu, penting sekali pemahaman tentang  jurnalistik. Mengapa demikian? ini dikarenakan fungsi pemahaman jurnalistik yang dikuasi dapat berperan sebagai control social, memastikan setiap berita yang ditulis telah memenuhi persayaratan penulisan 5 W + 1 H (who, what, where, when, why and how), serta memahami pola logika penulisan yang sistematis yang layak utuk dimuat (press clear) di media informasi internal atau media massa.

Public Relations di perusahaan memang dituntut untuk aktif dalam menciptakan berita (news create) tujuannya untuk menjamin publisitas positif perusahaan  di berbagai media massa. Sebagai Kawasan Industri, tentu semua sektor Industri yang ada pada kawasan ini akan sangat erat kaitannya dengan investor. Oleh karena itu, kemampuan Public Relations yang ada pada sektor ini harus mampu mengola pesan sebaik mungkin melalui berita-berita yang mereka ciptakan.

Menurut Harwood Childs ada beberapa strategi dalam kegiatan Public Relations untuk merancang suatu pesan dalam bentuk  informasi atau berita, antara lain:

Strategi of publicity
Melakukan kampanye untuk penyebaran pesan melalui suatu berita melalui kerjasama dengan berbagai media massa. Public Relations harus menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan media baik elektronik maupun cetak.

Strategi of persuation
Menggalang khalayak melalui teknik persuasi disini bertujuan untuk mengubah opini publik atau berlandaskan humanity interest.

Strategi of Argumentation
Mengantisipasi berita negativ yang kurang menguntungkan, dengan cara membentuk berita tandingan yang mengemukakan argumentasi  yang rasional. 

Strategi of Image
Strategi pembentukan berita yang positif  untuk menjaga citra perusahaan. Misalnya, menciptakan berita-berita yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial.

Dengan strategi ini, berita yang dibuat oleh Public Relations dapat bernilai bagi perusahaan, serta bermanfaat dan informatif bagi publik. (david)

 

 

Bagaimana Public Relations Perusahaan Bekerjasama dengan Pers

Public Relations dalam Membangun Hubungan Positif dengan Media Massa

 

sumber : Rosady Ruslan. Kampanye Public Relations
sumber gambar : pixabay.com