Fitur Penting Website Sebagai Media Komunikasi Organisasi

Fitur Penting Website Sebagai Media Komunikasi Organisasi

Corporate website adalah media komunikasi yang mampu mempengaruhi aspek komunikatif perusahaan, mulai dari pelaporan keuangan seperti akses, distribusi, interaksi dan penyajian serta presentasi. Mengapa corporate website menjadi sangat penting bagi organisasi? hal ini dikarenakan website memiliki keunggulan dalam hal fitur jika dibandingkan dengan media komunikasi lainnya. Fitur-fitur ini memberikan kemudahan kepada penggunanya baik dalam mengelola, serta mengevaluasi informasi yang ada.

Berikut beberapa fitur yang terdapat dalam sebuah website organisasi.

Nama Domain
Nama domain adalah alamat tempat pengguna internet dapat mengakses situs website, tidak ada situs web yang memiliki nama domain yang sama. Para pemangku kepentingan serta publik akan dimudahkan dalam mendapatkan informasi perusahaan ketika berselancar atau browsing di internet dengan mengetikkan nama domain website perusahaan.

Alamat URL (Uniform Resource Locator)
Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet. Dengan URL akan sangat membantu dalam hal penyebaran informasi. Informasi dapat dibagikan kepada publik hanya dengan membagikan URL, selain simple dan mudah tentu informasi  bisa dengan cepat ter-deliver

Format File
Isi dari halaman web dapat berupa gambar, audio, video, teks bahkan dokumen. Informasi-informasi dengan berbagai format ini bisa didapatkan ketika mengakses website. Dengan fitur ini pengelola website perusahaan akan lebih mudah menyampaikan informasi kepada publik, dengan didukung berbagai format tentu membuat informasi yang ada pada corporate website jadi lebih beragam. Selain itu format dokumen, teks dan gambar yang dapat diunduh pada website dapat mengurangi anggaran biaya perusahaan, karena informasi tidak perlu harus diberikan dalam bentuk cetakan (printout).

Responsive
Website yang baik akan menyesuaikan tampilan disegala macam device, artinya website mampu menyesuaikan perangkat yang digunakan user, apakah itu diakses melalui komputer desktop atau melalui smartphone.  Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat mempengaruhi bagaimana penyampaian informasi melalui website. Website yang responsive memberikan kemudahaan kepada publik yang bekerja mobile atau tidak selalu bekerja dihadapan komputer desktop. Dengan tampilan yang responsive, publik dapat lebih mudah mendapatkan informasi tentang perusahaan hanya dengan mengaksesnya melalui smartphone yang tidak dibatasi ruang dan waktu.

Social Sharing
Social sharing merupakan suatu tombol yang memudahkan pengunjung untuk men-share konten dari website. Dengan social sharing informasi dapat dengan cepat menyebar di berbagai platform media sosial. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meningkatkan traffic atau kunjungan ke corporate website.

Backup Data
Dengan fitur backup data divisi/departemen yang bertanggung jawab mengelola corporate website tidak perlu merasa khawatir ketika terjadi masalah terhadap website suatu waktu. Fitur ini akan mengembalikan dan menyimpan data website sesuai dengan data website terakhir.

Dari beberapa fitur diatas, website memiliki keunggulan dalam hal akses, fleksibel, dinamis, interaktif juga dapat menghemat pengeluaran biaya perusahaan. Penting bagi Organisasi untuk selalu menjaga kualitas informasi, menjamin informasi yang up to date bagi publik serta dikelola dengan baik oleh organisasi. (david)

 

sumber gambar: pixabay.com