E-mail Menggunakan Nama Domain Bentuk Kredibilitas Perusahaan

E-mail Menggunakan Nama Domain Bentuk Kredibilitas Perusahaan

 

Menggunakan email dengan nama domain perusahaan (misal: [nama_anda] at [namadomainperusahaan]) sebagai alamat email professional, memberikan banyak manfaat bagi keberlangsungan bisnis. Sejauh ini email professional banyak digunakan sebagai alat komunikasi antar karyawan serta komunikasi  perusahaan dengan pihak eksternal. Konteks pesannya mulai dari menangani berbagai hal seperti mengatur jadwal pertemuan, kontrak kerja, pengumuman, tagihan dan perihal kegiatan lainnya. Penggunanannya yang fleksibel dan online memungkinkan pesan terkirim dengan cepat dan dapat direspon dengan cepat oleh penerimanya.
Selain sebagai komunikasi bisnis dengan pihak internal dan eksternal perusahaan, email dengan menggunakan nama domain perusahaan ternyata memberikan berbagai dampak positif lain diantaranya:

Membangun Kesan yang Baik
Ketika Anda menjalin kerjasama dan berkomunikasi melalui email untuk pertama kalinya dengan pelanggan atau rekan binis Anda, ingat kesan pertama akan sangat penting. Komunikasi melalui email profesional  terutama menggunakan nama domain perusahaan yang Anda pakai dapat menekankan bahwa bisnis Anda dapat dipercaya, kredibel dan bertanggung jawab. Nama domain pada email yang Anda gunakan secara tidak langsung dapat membangun kesan yang baik dalam hal ini.

Biaya Murah
Biaya komunikasi melalui email dapat terbilang sangat murah. Anda tak perlu lagi mencetak dan mengirimkan lembar surat kepada pelanggan atau rekan bisnis Anda. Perusahaan Anda bisa menghemat biaya cetak dan biaya pengiriman.

Efisiensi dan Produktivitas
Penggunaan email mempermudah dalam menentukan target kemana informasi akan dikirimkan. Anda dapat menentukan orang-orang yang tergabung didalamnya sesuai dengan topik pembahasan. Pesan, catatan dan balasan email dapat tersimpan di storage email, dengan demikian Anda dapat menghemat penggunaan storage laptop atau komputer Anda. Selain itu komunikasi lewat email dapat mengurangi ketergantungan konsultasi dan rapat tatap muka di masa pandemi covid-19.

Penggunaan email yang tidak formal dan terkesan ceroboh akan merusak reputasi perusahaan Anda, oleh karena itu perlu kebijakan dan standar etika yang harus disepakati bersama oleh setiap pengguna email secara profesional. (David)

sumber gambar: pixabay.com